Program Pencegahan Plagiarisme dengan Turnitin

0
347

Berdasarkan surat edaran manajemen Polban mengenai Persyaratan kelulusan mahasiswa Polban, mahasiswa harus menyertakan bukti autentikasi Laporan Tugas Akhir dengan memeriksa Laporan Tugas Akhir dengan menggunakan aplikasi pencegah plagiarisme Turnitin. Untuk menfasilitasi persyaratan ini telah dilakukan rapat di Jurusan oleh manajemen jurusan, para kaprodi dan para ketua panitia tugas akhir setiap program studi.

Berikut adalah keputusan hasil rapat yang perlu diperhatikan oleh semua mahasiswa yang sedang mengerjakan Tugas Akhir dan berharap dapat lulus pada yudisium kelulusan tahap I. Proses akan terdiri dari 3 tahap yaitu:

  1. Pemeriksaan Draft Tugas Akhir Awal; Ketentuan: minimal sudah menyelesaikan Laporan hingga BAB III, jika memungkinkan sudah sampai BAB V (Kesimpulan) dan diunggah melalui laman E-learning Polban paling lambat Hari Senin tanggal 3 Juli 2017 Jam 24:00 WIB. Bukti pengiriman dokumen akan menjadi syarat pendaftaran Sidang TA kelulusan tahap I dengan melampirkan digital receipt dari Turnitin (dapat diunduh di Assignment feedback di E-learning Polban). Hasil dari Turnitin digunakan sebagai bahan instropeksi dan perbaikan. (Contoh Dokumen: DI SINI). User E-learning sudah disiapkan, untuk awal masuk Username: NIM, Password: NIM, setelah itu ganti password sesuai ketentuan. BACA!!!. Jika ada masalah dengan E-learning dapat mengontak Tria Mariz Arief (E-mail: tria@polban.ac.id)
  2. Pemeriksaan Draft Tugas Akhir untuk Sidang; Ketentuan: Sudah disetujui oleh pembimbing. Mahasiswa dapat melakukan sendiri proses unggah ke Turnitin di Lab. CAD/CAE pada hari kerja 09.00-15.00 WIB (Polban), 07.00-09.00 WIB (PDD Pekalongan). Hasil dari pemeriksaan Turnitin dicetak berwarna sebayak 3x (1 pembimbing dan 2 penguji) dan dilakukan minimal 3 hari sebelum jadwal sidang TA. Jadwal menyesuaikan Jadwal Sidang masing-masing program studi. (Contoh Dokumen: DI SINI). Waktu Pelaksanaan: Tanggal 3 Juli – 4 Agustus 2017)
  3. Pemeriksaan Laporan Tugas Akhir Final; Ketentuan: Hasil revisi Laporan TA yang sudah disetujui oleh para penguji dan pembimbing (waktu 6 hari setelah Jadwal Sidang TA). Mashasiswa diberikan kesempatan 2x untuk mengunggah di turnitin hingga persyaratan terpenuhi. Bukti Hasil pemeriksaan (Halaman terdepan dan halaman-halaman terakhir yang berisi Originality Report) dilampirkan di Laporan sebelum dicetak. (Contoh Dokumen: DI SINI). Waktu Pelaksanaan: Tanggal 15 Juli – 16 Agustus 2017.

Berikut adalah informasi jadwal Sidang Tugas Akhir setiap Program Studi:

No Program Studi Seminar Progres Sidang TA
1 D3 Teknik Mesin Sudah 10-19 Juli 2017
2 D3 Teknik Aeronautika 10-24 Juli 2017 24 Juli – 4 Agustus 2017
3 D4 TPKM Sudah 17-28 Juli 2017
4 D2 PDD Pekalongan

Berikut adalah tanggal-tanggal penting lainnya:

  1. Sidang TA terakhir: 11 Agustus 2017
  2. Yudisium kelulusan tingkat jurusan: 16 Agustus 2017
  3. Yudisium kelulusan pusat: 18 Agustus 2017

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here