Akreditasi Program Studi D4 Proses Manufaktur

0
187

Program studi D4 Proses Manufaktur Jurusan Teknik Mesin Politeknik Negeri Bandung sedang melakukan proses akreditasi untuk pertama kalinya. Sejak berdiri pada tahun 2013 dan menerima mahasiswa pertama pada tahun 2014, program studi D4 Proses Manufaktur akan meluluskan mahasiswa angkatan pertama pada tahun 2018. Oleh karena itu, tim akreditasi program studi telah dibentuk untuk menyiapkan semua dokumen yang diperlukan.

Pada Hari Selasa tanggal 3 Juli 2018 telah dilakukan visitasi oleh 2 orang asesor BAN-PT untuk klarifikasi dokumen dan melihat langsung kondisi program studi dan fasilitas terkait dengan kegiatan program studi baik di level institusi maupun di level jurusan. Asesor yang diberikan tugas oleh BAN-PT adalah Bapak Dr. Ir. Suhanan, DEA  dari Universitas Gajah Mada dan Bapak Firdaus, ST., MT. dari Politeknik Negeri Sriwijaya.

Kegiatan awal dilakukan di gedung direktorat untuk mengklarifikasi dokumen borang institusi. Hadir dalam kegiatan beberapa pejabat Polban dan tim borang akreditasi pusat polban. Pemaparan telah dilakukan dalam suasana yang kondusif. (Gambar 1 dan 2)

Gambar 1. Kegiatan akreditasi di gedung direktorat polban
Gambar 2. Tim borang akreditasi instutusi Polban sedang memberikan pemaparan

Tim asesor juga melakukan kegiatan kunjungan ke fasilitas terkait dengan kegiatan program studi di antaranya berkunjung ke Laboratorium di lingkungan Jurusan Teknik Mesin. Salah satu Laboratorium yang dikunjungi adalah Laboratorium Pemesinan yang menampilkan kegiatan rancang bangun oleh mahasiswa semester 6. (Gambar 3)

Gambar 3. Kunjungan Asesor BAN-PT di Laboratorium Pemesinan

Kegiatan utama dari visitasi ini adalah klarifikasi dokumen borang program studi yang dilakukan di Ruang rapat Jurusan Teknik Mesin. Tim borang akreditasi program studi mendampingi tim asesor dan menjelaskan beberapa data yang perlu diklarifikasi.

Klarifikasi dokumen borang akreditasi program studi di jurusan

Kegiatan visitasi telah berakhir dalam suasana yang penuh semangat dari tim. Terima kasih kepada seluruh pihak yang telah membantu kegiatan ini terutama untuk tim borang akreditasi Program Studi D4 Proses Manufaktur. Semoga segala upaya yang dilakukan akan menghasilkan yang terbaik untuk program studi, instritusi dan mahasiswa. Aamiin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.