Mahasiswa Berprestasi Pertama dari Jurusan Teknik Mesin: “Perancangan PLTGL ini menjadi Kunci Sukses Juara”

0
394
Pembangkit Listrik Tenaga Gelombang Laut dengan Mekanisme tiga roda gigi

PS TPKM – Pada Pemilihan Mahasiswa berprestasi utama Politeknik Negeri Bandung 2018, Jurusan Teknik Mesin mendelegasikan dua orang mahasiswanya yakni: Dudin Solahudin (PS TPKM 2016) dan Arina Dwi N (PS AE 2016). Kegiatan Pilmapres ini dilaksanakan sejak Bulan Februari hingga puncaknya pada bulan Juni 2018. Dudin lolos ke tiga besar dan menyabet juara Utama pada Pilmapres tahun ini, sedangkan Arina mendapat juara keempat. Tahun ini Jurusan teknik mesin mencetak sejarah pertama menjadi juara Utama di Pilmapres tingkat Kampus.

Pilmapres ini mencakup beberapa penilaian yakni: Karya Tulis Ilmiah, Nilai Akademik (IPK), Kemampuan Berbahasa Inggris dan juga sikap, etika dan wawasan secara umum. Pada kompetisi ini Dudin membuat karya tulis dengan judul : “Perancangan Pembangkit Listrik Tenaga Gelombang Laut dengan Mekanisme Tiga Roda Gigi sebagai Renewable Energy untuk menyongsong Sustainable Development Goals tahun 2030″, dengan pembimbingnya bapak Undiana Bambang. “Karya tulis perancangan PLTGL ini menjadi salah satu kunci keberhasilan saya, selain sangat berhubungan dengan program studi saya di perancangan, juga judulnya sangat cocok dengan tema Pilmapres tahun ini, SDGs” Ujar Dudin.

Harapannya Jurusan Teknik Mesin dapat kembali berprestasi di bidang akademik maupun non akademik, khususnya dalam kompetisi yang berhubungan dengan bidang Mesin ataupun perancangan mesin. Ini awal dari sebuah keberhasilan program studi Teknik Perancangan dan Konstruksi Mesin (TPKM), semoga kedepannya, bisa lebih berprestasi.

Foto Profil

Saat ini Dudin sedang melaksanakan Student Exchange di National Chin-Yi University of Technology selama satu bulan dalam The Experience Education Program di Taichun Taiwan. Ini juga kali pertama Jurusan teknik Mesin khususnya PS TPKM mendelegasikan mahasiswanya untuk mengikuti pertukaran Pelajar ke luar negeri. Semoga mendapat pengelaman menarik dan dapat berbagi di Indonesia ya. Harumkan nama almamater dan Mesin di sana. Salam!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.