Projek Perancangan II : Rice Peeler Machine

0
122

Projek Perancangan merupakan salah satu mata kuliah khusus bagi prodi D4 – Teknik Perancangan & Konstruksi Mesin, Jurusan Teknik Mesin, Politeknik Negeri Bandung. Dalam mata kuliah ini, kemampuan mahasiswa dalam mendesain alat akan diasah, selain itu dapat meningkatkan tingkat kreatifitas mahasiswa dalam memecahkan masalah terutama saat merealisasikan alat yang sudah terkonsep. Kami dibimbing untuk dapat mendesain alat yang inovatif melalui beberapa tahapan desain yang kompleks, dan kami akan mepresentasikannya pada saat proses desain selesai.

Kami tergabung dalam kelompok 3 pada mata kuliah ini. Beranggotakan Aqil M, Fauzan H, M Naufal, & Stefi C. Pada Big Project kali ini kami membuat alat pengupas gabah skala rumahan yang bernama “Rice Peeler”.

Planning merupakan tahapan awal dari sebuah proses perancangan alat. Pada proses Planning, akan ada keluaran berupa daftar yang berisi persyaratan dan spesifikasi alat yang akan dirancangan. Alat yang akan dirancang pada “Big Project” kali ini merupakan alat yang mempunyai sumber gerakan yang berasal dari motor.

Rice Peeler” atau alat penggiling gabah merupakan alat yang kelompok kami pilih pada “Big Project”. Untuk memenuhi persyaratan dan spesifikasi alat yang akan kami rancang, kami melakukan survei di media sosial melalui G-Form ataupun mendatangi langsung kepada pengahasil beras di daerah Cileunyi. Selain melakukan survei di lapangan, kami juga melakukan Brainstorming untuk mengalanisa apa saja yang harus diperhatikan pada alat yang akan kami rancang dengan hal yang harus dianalisa berupa ergonomi, kesehatan, estetika, dan keamanan. Dan pada akhirnya kami mendapati kesimpulan bahwa persyaratan dan spesifikasi yang harus dipenuhi berupa alat dengan harga antara lima ratus ribu rupiah hingga satu juta rupiah, alat berskala rumah tangga, mudah dioperasikan dan dipindahkan, tidak menimbulkan suara bising saat dioperasikan, dan yang terakhir food grade.

Dalam konseptual desain kami membuat konsep rancangan secara umum, hasil dari tahapan planning berupa keinginan konsumen selanjutnya akan mempengaruhi konsep rancangan mesin yang akan kami buat karena menyesuaikan dengan keinginan pasar. Didapatkanlah fungsi keseluruhan dari alat kami yaitu memisahkan gabah menjadi sekam dan bulir berasnya diikuti dengan beberapa fungsi bagian pada alat pengupas beras kami. Setelah itu kami membuat alternatif solusi bagian untuk setiap fungsi bagian yang ada, kami buat melalui table morfologi

Melalui table tersebut masing-masing dari kami membuat variasi konsep. Dari masing-masing variasi konsep yang ada di hitung dan di analisis mana yang terbaik & terpilih variasi konsep dibawah ini yang merupakan hasil design catia dari produk kami “Peeler Machine” yang sudah di render terdiri dari 23 part bagian.

Dalam membuat alat yang kami rancang , selain dari requirement list yang kami dapat dari survei g-form maupun wawancara, kami melakukan analisis dari beberapa aspek. Diantaranya Ergomoni, Kesehatan, Estetika dan Keamanan. Untuk mendapatkan bahan yang diperlukan, kami melakukan perhitungan dan survey dari beberapa produk exsisting dan kami membuat gambar 3d alat yang kami rancang. Lalu gambar ini merupakan poster yang kami buat untuk menarik konsumen.


Kami sangat antusias dengan projek yang kami buat ini karena kami melewati semua proses ini bersama dengan berbagai kendala yang kami lalui membuat kami semua menjadi semakin dewasa. Kami percaya bahwa dengan bekerja bersama kami akan kuat dan hebat, dengan kerjasama dan kolaborasi rintangan sesulit apapun akan kami lalui hingga akhir. Kami juga sangat bersyukur atas segala pencapaian yang didapat hingga saat ini, karena kami yakin ini adalah hasil terbaik kami yang merupakan penggabungan dari empat pemikiran yang berbeda menjadi satu konsep luar biasa. Terimakasih kepada seluruh dosen yang telah mendukung dan  membantu hasil rancangan kami dan kepada seluruh teman-teman kelas 2 TPKM atas segala kritik, saran maupun dukungannya. Semoga bermanfaat dan menjadi inspirasi bagi para pembaca.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here