Projek Perancangan

0
115

Oleh kelompok 5
Projek perancangan merupakan mata kuliah jurusan yang hanya dipelajari prodi D4 Teknik Perancangan dan Konstruksi Mesin. Projek perancangan dibagi menjadi projek perancangan 1, projek perancangan 2, dan projek perancangan 3. Setelah mempelajari mata kuliah mekanika teknik, teknik inovasi, metodologi perancangan, gambar teknik dan lainnya. Mata kuliah projek perancangan merupakan gabungan dari semua mata kuliah jurusan termasuk implementasi dan prakteknya. Pada Projek perancangan 1 mahasiswa diarahkan agar dapat mengidentifikasi suatu alat teknik termasuk material dan prinsip kerjanya, dalam hal ini TPKM’17 mengidentifikasi mengenai caulking gun.

Pada projek perancangan 2, kesulitan pun bertambah dimana dalam projek perancangan 1 pengerjaannya dalam satu semester tetapi Projek perancangan 2 terdapat 3 proyek dalam satu semester. Projek perancangan 2 ini dibagi menjadi 3 bagian, yaitu : membuat mekanisme alat untuk memindahkan telur dengan kawat sepanjang 15m dengan kemiringan 10 derajat dengan kondisi telur harus terjaga. Pada bagian ini kelompok 5 awalnya menggunakan mekanisme gesekan ring dengan kawat, lalu mengubah bentuk rangka, dan mengubah mekanisme menjadi rol. Meski reverse ide orang lain, tapi hasilnya termasuk 3 kelompok terbaik. Disini dapat diambil pelajaran bahwa desaign itu tidak langsung sempurna melainkan butuh beberapa perbaikan, bahkan produsen yang pertama kali memproduksi belum tentu akan menang melawan pendatang baru.

Pada bagian 2 mahasiswa memilih suatu alat dengan konsep reverse dan prinsip kerja mesin press. Akhirnya kelompok 5 memilih mendesaign sebuah alat inovatif yang menggabungkan dua buah staples menjadi satu alat dengan berbagai inovasi tambahan. Pelajaran yang dapat diambil yaitu meningkatkan fungsi suatu alat harus dipertimbangkan dengan biaya pembuatan, kemudahan perawatan dan apakah produk yang baru di desaign ini lebih baik dari produk sebelumnya menurut masyarakat pasar.

Pada bagian 3 kelompok 5 memilih alat untuk merapikan pakaian disini kelompok 5 memiliki kesulitan dalam mementukan desaign detail karena produc existing memiliki mekanisme yang rumit, sehingga kami membuat mekanisme baru tetapi prinsipnya sama.

Projek perancangan 3, pada tahap ini selain kita mendesaign tetapi kita juga membuat alat yang kita desaign.

Dari Matakuliah ini dapat dipelajari bahwa semua mata kuliah itu penting semua harus dikuasai tanpa terkecuali. Setiap orang memiliki kelebihan di bidangnya masing-masing maka pertajamlah bidang itu, tetapi bukan berarti melupakan bidang lain. Setiap orang dalam Projek perancangan itu team, maka dari itu tidak ada kata meninggalkan dan singkirkan ego. Saling membantu agar desaign itu sempurna, tidak usah takut salah karena tidak ada desaign yang langsung sempurna. Jika Kamu ingin berlari cepat berlarilah sendirian, tetapi jika kamu ingin berlari jauh maka berlarilah bersama-sama.

https://www.youtube.com/watch?v=ZNxOM0iczXk
https://www.youtube.com/watch?v=ZeItgHi397Q
https://www.youtube.com/watch?v=ck53LUbgcLc

Tertanda
Arif Nurizki (171234005)
M. Taofiq Nurhibatullah (171234013)
Rayhan F U (171234023)
Tomi Alfa (171234030)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here