Proyek Perancangan 2: Small Project, Mini Project dan Project Kelompok 1

0
196
Engineer construction industrial factory manufacturing workers flat banner set isolated vector illustration

Salah satu mata kuliah unggulan di Prodi TPKM Jurusan Teknik Mesin di Politeknik Negeri Bandung adalah Proyek Perancangan. Selama 4 tahun mahasiswa TPKM  mendapatkan mata kuliah ini sebanyak 3 kali untuk mahasiswa kurikulum 2016, sedangkan untuk kurikulum sebelumnya mata kuliah ini diampu sebanyak 4 kali, hal ini dikarenakan mata kuliah Proyek Perancangan untuk kurikulum baru dipecah lagi menjadi mata kuliah lainnya sehingga memudahkan mahasiswa untuk mengikuti mata kuliah ini secara komperhensif. Mata kuliah ini merupakan mata kuliah yang dapat meningkatkan tingkat kreatifitas mahasiswa dalam memecahkan masalah baik itu masalah simple hingga masalah yang sangat kompleks.

Dimata kuliah ini pula kita sebagai mahasiswa diarahkan dan dididik baik dari segi akademik maupun dari sisi sosial. Dari segi akademik sudah pasti kita diberi arahan dalam berbagai hal, baik itu mata kuliah Gambar Teknik, CAD, Mekanika Teknik, dan mata kuliah Jurusan lainnya. Di mata kuliah ini pula kita sebagai mahasiswa dituntut untuk dapat mengintegrasikan berbagai mata kuliah kedalam Proyek yang akan dieksekusi, hal ini merupakan bagian yang sangat menantang untuk mahasiswa TPKM, karena kita sebagai mahasiswa yang biasa mengerjakan latihan soal yang perhitungannya sudah terfomulasi dan tertemplate, disini kita dituntut untuk memecahkan masalah yang terkadang formulasi dan solusinya kita harus generate sendiri. Sebagai contoh jika pada waktu SMA dahulu kita dapat dengan mudah menghitung luas dengan geometrik yang sudah familiar seperti bujur sangkar, trapesium dan yang sejenisnya, ketika kalian disuruh untuk menghitung luas daun kita harus mencari persamaan lekukan (boundary) pada daun pasti ini merupakan hal yang sangat-sangat kompleks untuk dipecahkan. Sama dengan hal serupa di mata kuliah ini kita memecahkan masalah yang kita harus generate sendiri baik solusi maupun formulasinya, tetapi jangan panik! Disini banyak sekali dosen yang sangat expert dibidang keahlinnya masing-masing, sehingga ketika kita banyak menemukan masalah yang sangat kompleks kita banyak sekali mendapatkan solusi, dimana masalah yang awalnya sangat kompleks menjadi masalah dapat disimplifikasi dengan pendekatan-pendekatan yang briliant.

Nah selain dari dukungan sisi akademik, dimata kuliah ini pula kita mendapatkan banyak sekali ilmu pengetahuan sosial yang dapat menambah softskill yang kita miliki. Dimana kita diajarkan banyak hal dari mulai bagimana kita bertindak sebagai pemimpin untuk diri kita sendiri, menjadi pemimpin di suatu kelompok, bertindak sesuai dengan peran masing-masing dikelompok, mengenal karakter seseorang dari yang pragmatis, aktivis, teoritis reflektor sehingga kita dapat membentuk sebuah tim yang solid dan efisien dalam yang sesuai dengan learning style masing-masing dalam mengerjakan sesuatu hal.

honey_n_mumford.png

Nah pada postingan kali ini penulis akan menshare apa saja projek yang telah dilalui sebagai berikut:

  1. Small Project
  2. Mini Project
  3. Project

1. Small Project

Di small project sendiri merupakan tahap awal atau bisa dibilang warming up untuk projek kedepannya, pada small projek ini kita hanya diberi waktu yang sangat singkat untuk memecahkan masalah yang akan dihadapi. Nah masalah yang akan dihadapi adalah bagaimana caranya telur tidak pecah apabila dijatuhkan pada ketinggian gedung 5 lantai. Yang unik disini kita memecahkan masalah dengan rule tidak boleh membuka atau mengkases internet dan bayangkan seperti kalian ditengah tengah hutan untuk memecahkan solusinya.

2. Mini Project

Pada projek kali ini kita diberi persoalan untuk membuat suatu device yang dapat mencabut bearing dengan suaian yang sangat sesak dibandingkan yang umumnya digunakan.

Conceptual Design

3. Project

Rendering Result

Nah pada project terakhir kita diberi persoalan yang lebih advance lagi, dilatar belakangi dari suatu persoalan untuk membuat suatu mesin granulator yang dapat membuat pupuk organik berbentuk granul. Dengan tahapan yang sama dengan mini proyek, berikut adalah tahapannya:

Dan hasilnya seperti yang dapat disimak pada video berikut ini.

DMU Fitting Simulation

DMU Kinematic

Berikut sedikit beberapa dokumentasi proyek diatas.

Best Regard Kelompok 1

Penulis: Chaidir Ilham El Malik

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.