Proyek Perancangan: Proses Kreatif  dalam mempersiapkan generasi Inovatif

0
323
tahap Kreatif untuk generasi Inovatif

Proyek Perancangan II merupakan salah satu mata kuliah bagi mahasiswa Program Studi D-IV Teknik Perancangan dan Konstruksi Mesin (PS TPKM) semester IV, Jurusan Teknik Mesin Politeknik Negeri Bandung. Pada mata kuliah ini, mahasiswa berkelompok merancang alat dengan tema Mesin Granulator pupuk organik. Dengan adanya mesin ini dapat memberikan keuntungan kepada petani yang akan membuat pupuk secara mudah dan mandiri, juga demi meningkatkan kualitas pertanian dan bidang agroindustri Indonesia yang lebih baik.

Projek Perancangan ini merupakan mata kuliah paling menyenangkan dan paling gokil karena dapat menyatukan semua mata kuliah seperti: Gambar Mesin, Elemen Mesin, Mekanika, CAD, dan mata kuliah lainnya.

Sebagai mahasiswa perancangan, mata kuliah ini sangat referesentatif dengan program studi dan juga passion. Selain menambah pengetahun mengenai design juga menjadi modal untuk mempersiapkan diri di dunia kerja.

Projek perancangan II di semester IV ini juga dilalui dengan tahapan yang kreatif, dimana dalam PPII ini dibagi menjadi 3 bagian:

  1. Mini Project“Save the egg”  yakni challenge mengamankan telur yang dijatuhkan dari lantai 5 Gd. H Magister Polban (40 meter) dengan bahan yang terbatas (Plastik, sedotan, kertas, lem).
  2. Small Project : Melakukan perancangan  Puller Bearing yakni alat penarik bearing dari porosnya dengan kesesakan berbeda setiap kelompok
  3. Big Project: Melakukan perancangan dari Granulator Machine yakni alat untuk mengubah pupuk organik menjadi butiran granul

Setiap tahapan yang dilalui memang tidak mudah, banyak yang harus dilakukan, banyak yang harus dikorbankan juga. Pembagian tugas kelompok yang baik menjadi pelajaran tersendiri untuk melatih diri lebih baik dan kreatif. Harapan kedepannya Projek perancangan ini bisa terus dikembangkan dan juga menjadi tolak ukur kesiapan mahasiswa perancangan untuk tahu dan siap dengan sungguh-sungguh menjadi seorang designer generasi inovatif.

Berikut dokumentasi Projek perancangan:

untuk video simulasi berikut bisa dilihat di laman berikut : bit.ly/pp2grup3

Ditulis oleh : Dudin Solahudin

Kelompok: 3/ 2- TPKM 2016

  • Amirul Siddiq Mirza
  • Aqil Fakhri Risda
  • Reynaldi M. Dwi P
  • Dudin Solahudin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.