Seminar Mechafest “Creative With Technology And Become Entrepreneur”

0
199

Hari Minggu tanggal 9 Desember 2018 diadakan acara seminar talkshow sebagai salahsatu bagian dari acara Mechafest 2018. Acara tersebut mengambil tema tentang Technopreneur. Acara tersebut juga menghadirkan berbagai pemateri yang termuka dan dihadiri oleh peserta yaitu dari kalangan mahasiswa dan kalangan umum.

Acara ini tentu telah disiapkan dan direncanakan sebelumnya oleh divisi acara Mechafest. Divisi acara ini berjumlah 12 orang yaitu Bobby (D3 Teknik Mesin 2016) sebagai ketua divisi acara, Yuda (D4 TPKM 2017), Muthir (D3 Teknik Mesin 2016), Adam (D3 Teknik Mesin 2016), Fathul (D3 Teknik Mesin 2016), Dwiyan (D3 Teknik Mesin 2018), Rizki (D3 Teknik Mesin 2018), Osa (D3 Teknik Mesin 2018), Vira (D3 Teknik Mesin 2018) , Alif (D3 Teknik Mesin 2018), Fahmi (D3 Teknik Mesin 2018) dan Hatta (D3 Teknik Mesin 2018). Mereka menyiapkan semua yang dibutuhkan dalam acara jauh hari sebelum hari-H acara. Tujuannya hanya satu yaitu agar acara berjalan dengan lancar.

Persiapan Sebelum Acara

Persiapan yang matang tentu sangat diperlukan saat ingin mengadakan sebuah acara. Tujuannya agar acara tersebut berjalan sesuai dengan yang diinginkan dan berjalan lancar. Persiapan yang dilakukan yaitu dengan berdiskusi (brainstorming) tentang acara tersebut. Diskusi tentang barang-barang yang dibutuhkan, siapa saja pemateri yang akan mengisi, bagaimana cara pembelian tiket, rundown acara, dan pembagian tugas setiap anggota. Diskusi tersebut agar tidak terasa membosankan dilakukan di tempat andalan yaitu tempat ngopi yang cukup terkenal di daerah Geger Kalong. Di sana kami bertukar pikiran sambil menikmati kopi panas hasil seduhan ahli. Ketika acara sudah mulai dekat yaitu H-1, kami mempersiapkan barang-barang dan mendekor tempat seminar talkshow, tempatnya di Lantai 5 Gedung H Politeknik Negeri Bandung.

Foto Panitia Sebelum Hari-H

Hari H Seminar Mechafest 2018

Minggu, tanggal 9 Desember 2018, acara seminar talkshow mechafest dimulai. Panitia harus sudah ada di tempat pukul 06.00 WIB jika terlambat ada konsekuensi yang sebelumnya sudah disepakati bersama. Kami berkumpul melakukan brifing, berdoa agar acara lancar, makan pagi, dan mempersiapkan semuanya serta menjalankan tugas sesuai bagiannya.

Pengkondisian Peserta Seminar

Sekitar pukul 08.00, pengkondisian dan membagikan snack makanan kepada peserta lalu pembukaan yang dilakukan oleh MC sekitar 08.15, yang dilanjut dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan pembacaan ayat suci  Al-Qur’an yang dibacakan oleh saudara Fahmi. Kemudian sambutan-sambutan oleh ketua pelaksana yaitu Samuel yang dilakukan sampai pukul 08.55.

Pemberian Snack dan Seminar Kit kepada Peserta Seminar
MC Seminar Mechafest 2018

Kemudian dilanjut dengan penayangan Curriculum Vitae (CV) pemateri seminar pertama yang dibawakan oleh Rendy Aditya Wachid, B.Arch. MBA. sebagai Founder at Parongpong Recycle and Waste Management. Ketika pemateri pertama selesai menyampaikan materi, kemudian dilanjutkan dengan pembagian dorprize dan ice breaking yang akan diberikan kepada peserta yang bertanya.

Rendy Aditya Wachid

Kemudian pada pukul 10.15 dilanjut dengan penayangan CV pemateri seminar kedua dengan pemateri oleh Victor Aritonang sebagai Business and Co-Founder Kora.id. Gaya yang begitu semangat dan penuh energi membuat peserta fokus untuk mendengarkan. Ketika selesai penyampaian materi, Victor juga meminta semua peserta untuk foto bersama. Waktu isoma tiba, peserta melakukan sholat di Lantai 4 Gedung H dan setelah sholat selesai, semua peserta kembali ke tempat kemudian dibagikan makan siang. Kemudian ada penyampaian informasi tentang CICIL. Kemudian diadakan pembagian dorprize dan ice breaking kepada peserta yang bertanya serta ada penampilan band yang keren.

Victor Aritonang
Victor Aritonang bersama Peserta
Pemateri dari CICIL

Kemudian sesi talkshow dimulai sekitar pukul 12.30 yang sama di sesi ini dipimpin oleh moderator ternama yaitu saudara Ilham. Talkshow pertama dengan Ludwina Triananda sebagai Talent Acquisition and Boarding Lead at DANA Indonesia, talkshow kedua dengan Andri Yadi sebagai CEO Dycodex, dan talkshow ketiga dengan Taufik Hidayat sebagai Owner Villa Mushroom Agrifarm, Taufik juga sebagai alumni Polban. Di mana ketiga bintang tamu talkshow tersebut berbagi pengalamannya dalam mendirikan usaha dengan menggunakan teknologi. Sekitar pukul 14.30, acara ditutup oleh MC dan penampilan terakhir dari band. Peserta mendapatkan sertifikat dan dibagikan saat peserta keluar.

Ilham Nugraha ( Moderator )
Talk Show
Penampilan Band

Acara Selesai

Acara berjalan lancar dan kami langsung bergegas membereskan kursi dan barang-barang serta mengembalikannya ke tempat semula. Setelah itu kami juga langsung mengabadikan momen kebersamaan kami dengan berfoto studio.

Alhamdulillah acara Mechafest 2018 berjalan lancar, khususnya di acara Seminar Talkshow 2018. Kami berharap Mechafest 2019 bisa terlaksana dan berjalan lebih baik lagi. Aamiin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.