Tahun Ajaran Baru : PPKK Jurusan Teknik Mesin 2018

0
126
PPKK Polban 2018

Memasuki tahun ajaran baru, Politeknik Negeri Bandung membuka pendaftran mahasiswa baru. Setelah serangrakaian proses tes untuk masuk ke kampus Polban ini, akhirnya terpilih orang-orang  yang akan menjadi keluarga mahasiswa Politeknik Negeri Bandung.

Mahasiswa baru mulai disibukkan dengan berbagai macam kegiatan kampus, salah satunya PPKK (Program Pengenalan Kehidupan Kampus) Politeknik Negeri Bandung dengan tetap mengangkat tema seperti tahun sebelumnya “The Power Of Doing Good” .

PPKK dilaksanakan dari tanggal 26-30 Juli 2018, untuk tur jurusan teknik mesin dilaksanakan pada tanggal 26 Juli 2018. Serangkaian acara untuk tur jurusan teknik mesin dengan mengenalkan jurusan teknik mesin kepada mahasiswa baru.

1. Mahasiswa baru dikumpulkan di Hanggar

Sebelum memulai kegiatan mahasiswa baru dikumpulkan terlebih dahulu di hanggar. 

Saat akan memasuki hanggar mahasiswa jurusan teknik mesin menyambut kedatangan mahasiswa baru yang akan menjadi keluarga baru di Polban. Sepanjang jalan menuju hanggar mahasiswa menyambut dengan menyanyikan lagu bersama-sama.

Sebagai kakak tingkat, mahasiswa jurusan teknik mesin ikut serta dalam acara tur jurusan teknik mesin, dengan menyambut hangat kedatangan keluarga baru mereka.

2. Perkenalan Dosen Jurusan Teknik Mesin

Setelah memasuki hanggar, mahasiswa baru duduk rapi dengan memperhatikan materi yang akan disampaikan, pembawa acara untuk pembuka jalannya acaranya ini yaitu ada Dzubyan dari prodi D4-Proses Manufaktur dan Laras dari D3-Aeronautika. Selanjutnya perkenalan Ketua jurusan, ketua prodi, walikelas, serta dosen-dosen jurusan teknik mesin yang nanti akan mengajar mahasiswa baru.

3. Penjelasan Setiap Prodi di Jurusan Teknik Mesin

Acara selanjutnya yaitu penjelasan atau pemaparan setiap prodi oleh masing-masing ketua prodi, pemaparan ini bertujuan agar mahasiswa baru lebih mengenal dan mengetahui bidang yang akan digelutinya, mulai dari berdirinya setiap prodi, mata kuliah yang dipelajari, total SKS yang harus ditempuh, prospek kerja kedepannya, dan lain-lain.


4. Tour Jurusan Teknik Mesin

Setelah selesai pemaparan di hanggar, saatnya mahasiswa baru tur keliling jurusan teknik mesin dengan melihat dan mengunjungi beberapa lab yang digunakan mahasiswa jurusan teknik mesin, serta pengenalan mesin-mesin yang akan dipelajari. Setiap kelas melakukan tur jurusan dibimbing oleh kakak tingkat yang sebelumnya terpilih untuk menjadi tour gaide untuk menunjukkan dan menjelaskan hal-hal yang berkaitan dengan jurusan teknik mesin.


Dan setiap kelas mengunjungi lab tidak bersama kelas yang lain, masing- masih kelas mengunjungi lab yang berbeda, karena agar waktu yang digunakan lebih efisien serta supaya lebih fokus untuk mendengarkan kakak tingkat yang menjelaskan, dan tidak terjadi penumpukan mahasiswa baru saat menunggu giliran untuk memasuki lab.

Tempat-tempat yang dikunjungi diantaranya :

  • Lab Permesinan
  • Ruang hidrolik
  • Lab CNC
  • Lab CAD/CAE
  • Lab Pabrikasi
  • Lab Welding
  • Hanggar
  • Lab Bahan

Saat memasuki lab atau ruangan dijelaskan juga mesin-mesin yang akan dipelajari, alat-alatnya, serta benda-benda yang ada di dalam lab atau ruangan tersebut.

 Setelah tur jurusan, mahasiswa baru dikumpulkan kembali dihanggar untuk ISHOMA (istirahat, solat, dan makan).  Selain itu, mahasiswa di hibur oleh pembawa acara setelah saat mengikuti acara tersebut. Selesai acara tur jurusan mesin selesai, mahasiswa baru selanjutnya mengikuti mentornya kembali untuk mengikuti acara yang lainnya, saat keluar dari hanggar mahasiswa baru diantarkan kembali oleh kakak tingkat dengan menyanyikan lagu sama seperti penyambutan sebelumnya tadi. Setelah acara jurusan selesai, mahasiswa baru kembali kumpul di depan pendopo.

https://drive.google.com/drive/folders/1IvMqioXFBB-rS1yGrER4PAaoqPUXFXWY


Thanks for reading this article.

Hope you like it !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.